Blogging Copy Paste, Burukkah?

Blogging adalah sebuah kegiatan online melalui sebuah situs website untuk mengemukakan curahan pengalaman pribadi, ide-ide segar, presentasi bisnis dengan cara menulis artikel-artikel. Pada awalnya blogging digunakan untuk tujuan membangun sebuah komunitas online tanpa tujuan komersil. Namun seiring berkembangnya zaman kegiatan blogging berubah menjadi arena mencari penghasilan, dari menjual produk hingga menjadi publisher situs-situs iklan berbasis PPC.

Memiliki situs website berbasis blog memang mengasyikkan. Mudah, instan, dan Gratis. Mudah, Anda tidak perlu mengetahui kode-kode html atau php dan cara menginstallnya. Instan, ya.. Anda cukup mendaftar dan menuliskan judul dan alamat blog anda nantinya lalu klik buat, maka website Anda langsung bisa online. Gratis, Anda tidak perlu membeli script website dan sewa hosting juga domain untuk memiliki sebuah situs website, cukup datang saja ke Blogger.com atau Wordpress.com, atau web123.com, webly.com dan masih banyak lagi situs-situs penyedia jasa layanan pembuatan blog, tanpa dipungut biaya sepeserpun.

Memiliki sebuah website berbasis blog memang gampang dan mudah bukan? Tapi, yang menjadi kendala bagi setiap blogger atau pemilik website adalah bagaimana cara mengisi websitenya dengan content-content yang menarik, baik, dan bisa mendatangkan banyak pengunjung untuk membaca isi blognya.

Langkah cepat dan jalan pintas pun diambilnya... Copy Paste!! Mencari artikel-artikel menarik website orang yang kemudian diletakkan di dalam website atau blog milik sendiri. Tidak sedikit yang melakukan hal demikian dalam dunia blogging. Dan tidak sedikit pula para blogger dan pemilik website dibuatnya gerang dan marah atas tindakkan tersebut.

Jujur saya saya sendiri pernah melakukannya, bahkan tidak sedikit. Habis Asyik sich... hehehe... Tapi itu dulu... Di masa-masa awal dan perkembangan saya dalam dunia blogging. Mulai sekarang dan sampai nanti saya Insya Allah akan menulis seluruh isi blog ini dengan hasil karya tulisan saya sendiri, sekalipun jelek dan ngalor ngidul. Anggap aja lagi belajar..

Oke.. Kembali ke pokok permasalahan... Burukkah Copy Paste postingan? Menurut hemat saya sich.. Copy Paste tidak sepenuhnya buruk, walaupun hal ini banyak mengundang pihak yang di copas artikelnya gerang dan marah dibuatnya dengan bukti diberinya script anti copas.

Sebenarnya apabila dilihat dari dua sisi, justru copy paste berdampak buruk hanya bagi orang yang melakukan copas tersebut. Mengapa? Karena dengan artikel copasan akan membuat dirinya tidak memiliki kredibilitas, pembaca akan enggan meninggalkan komentar untuk postingan copasan, ach cuma copas doank... Sedangkan bagi pihak yang dicopas akan mendapatkan nilai lebih, pertama Pahala. Jelas pahala akan terus mengalir dikarenakan kemanfaat ilmunya tersebar, kedua bila pihak pencopas mencantumkan nama penulis dan sumber websitenya, maka secara tidak langsung akan membuatnya lalu lintas ke situsnya dan melambungkan nama dan websitenya.

Sebaiknya bagi teman-teman yang suka copas sana copas sini pikir dua kali dech sebelum melakukannya, kalaupun terpaksa melakukannya, harus berani secara jantan memberikan nama penulis dan sumber artikel yang kalian copas di bawah postingan.

Oke... itu dulu...

Bagaimana menurut anda, Blogging Copy Paste, Burukkah?
Commentnya yach...
Matur Nuwun... N Semoga Bermanfaat...

0 Response to "Blogging Copy Paste, Burukkah?"